Arisan 2!: Aseksualitas

*Nadyazura

download

Aseksual? Enggak mau melakukan hubungan seksual atau enggak punya kelamin untuk reproduksi? Emang ada ya orang aseksual? Aseksual bukannya Cuma terjadi pada tumbuhan dan binatang macem bintang laut ya? Emang manusia bisa jadi aseksual?

Aseksual dalam KBBI berarti (1).tanpa kelamin atau memiliki organ kelamin yang kurang fungsinya, (2).tanpa hubungan kelamin,(3). berkembang biak tanpa melalui kegiatan seksual.

Manusia pada hakikatnya adalah binatang, kita satu famili dan klasifikasi dalam animal kingdom loh, walaupun manusia punya akal yang mampu membedakan manusia dengan binatang lainnya. Manusia juga ternyata bisa menjadi aseksual. Aseksual disini lebih digolongkan sebagai orientasi seksual bukan karena tidak punya kelamin untuk bereproduksi.

Aseksual yang saya presentasikan pada ARISAN! Kedua SGRCUI adalah bentuk aseksual sebagai orientasi seksual. Tidak mudah mencari sumber belajar tentang seksualitas karena nyata-nyatanya situs yang berisi edukasi tentang aseksual kena jaring ‘internet sehat’ sehingga diblokir. Jadi saya harus merujuk pada cerita dan pengalaman orang-orang yang sudah ‘come out’ bahwa dia seorang aseksual.

Bagaimana seseorang bisa menjadi aseksual? Pertama-tama kita harus memposisikan orientasi seksual mirip dengan selera makan. Dan mari kita analogikan seks dengan donat agar lebih mudah dipahami. Seorang aseksual tahu ada donat dan donat bisa dimakan. Tapi ia tidak menyukai donat, mungkin karena dia alergi pada ragi (pendekatan esensialis) atau donat pernah membuat dia jadi gemuk (pendekatan konstruksionis). Seorang aseksual tau ada seks tapi tidak berhasrat. Bisa karena memang bawaannya dia tidak berminat untuk berhubungan seks atau karena trauma masa lalu pernah menjadi korban perkosaan sehingga dia merasa jijik dengan hubungan seksual dan berbagai alasan lainnya.

Aseksual sama seperti orientasi seksual lain yang dibuat untuk memudahkan klasifikasi, bukan untuk labelling. Aseksual memiliki tingkatan gradasinya. Seorang aseksual juga seperti manusia biasa yang punya perasaan, emosi, dan ingin dicintai. Ketika seseorang mengetahui bahwa dia seorang aseksual bukan serta merta ia tidak ingin bercinta dan mencintai. Seorang aseksual bisa memiliki hubungan romantis ataupun hubungan intimasi. Seorang aseksual juga bisa melakukan hubungan seksual dnegan alasan membahagiakan pasangannya atau untuk bereproduksi.

Ada kisah tentang pasangan yang kedua-duanya telah mengetahui bahwa mereka aseksual. Mereka menikah dan memiliki hubungan romantis dalam perikahannya. Mereka hanya menolak untuk tidak berhubungan seksual. Ada pula kisah tentang aseksual yang menikah dnegan pasangannya yang seksual aktif dan seorang aseksual ini tetap melakukan hubungan seksual demi membahagiakan pasangannya walau tidak ada desire. Ada seorang aseksual yang menyatakan dirinya gay tapi tetap enggan melakukan hubungan seksual. ada pula seorang aseksual yang lebih menyukai menghabiskan waktu dengan teman-temannya dibanding berpasangan tetapi tetap menikmati hubungan seksual dengan dirinya sendiri dengan bermastrubasi.

See? Dari kisah-kisah berikut kita bisa melihat banyak gradasi dari Aseksual. Aseksual tidak hitam-putih. Ketika seseorang mengetahui dirinya aseksual bukan dia menolak cinta dan kasih sayang sama sekali. Seorang aseksual tetap menjadi manusia seutuhnya dan orientasi seksual merupakan pilihannya dan dia tetap melanjutkan hidupnya tanpa merasa terbebani dengan orientasi seksualnya.

Kalian kenal Oprah Winfrey? Perempuan yang sukses dalam talkshow The Oprah Winfrey Show menjadi mesin uang dan mengalirkan kekayaan senilai 2,3 miliar dolar AS (Rp 21,1 triliun) seperti pernah disebut majalah Forbes. Talkshow itu juga membawa pengaruh kebudayaan yang sangat besar bagi kebudayaan Amerika. Siapa sangka bahwa dalam biografinya, Oprah mengaku sebagai aseksual. Seperti dikutip dalam Reuters, Oprah melahirkan pada usia 15 tahun tetapi hingga usianya ke-65 ia sangat fokus pada kariernya dan Kity Kelly, penulis Biografi Oprah menyimpulkan bahwa Oprah adalah seorang aseksual.

Dengan menjadi seorang aseksual, dengan mengenal seksualitas dan tubuh kita sendiri berguna untuk mengenal dan menentukan tujuan hidup kita. Mulailah membuka mata, hati, dan telinga untuk melihat kenyataan di lapangan yang begitu kaya warna. Karena dunia ini tidak indah jika hanya terdiri dari htam dan putih saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s