Maintenance

*Ferena Debineva

Closed for Maintenance

Beberapa kanal informasi yang saya buka bahkan aplikasi game favorit saya sedang heboh maintenance. Layaknya acara bersih-bersih rumah; mereka memperbaiki sistem, menghapus beberapa program yang tidak perlu, menata ulang, menambahkan update terbaru.

Nah, ternyata perawatan tersebut bukan hanya diperlukan dalam website atau aplikasi game saja, namun juga relasi kita dengan pasangan romantis.

Apakah itu maintenance (perawatan)?

Perawatan adalah suatu aktivitas yang harus dilakukan secara berkala dengan tujuan untuk mempercepat penggantian kerusakan, mengembalikan sistem pada kondisinya, dan memperpanjang usia kegunaan. Lalu, apa hubungannya? Bayangkan saja hubungan romantis itu seperti mesin. Layaknya mesin yang butuh perawatan, begitu pula dengan hubungan romantis.

Seperti layaknya mesin, dalam sistem perawatan hubungan, ada enam kegiatan pokok yang berkaitan dengan tindakan perawatan tersebut:

1. Preventive Maintenance (Perawatan yang bersifat preventif)

Perawatan ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan sebelum terjadinya kerusakan agar komponen tersebut dapat mempertahankan kapasitas fungsionalnya. Dalam hubungan romantis dengan pasangan, hal ini dapat dilakukan dengan saling menghargai, saling mengevaluasi diri dan mengevaluasi hal-hal yang dapat memicu pertengkaran atau kesalahpahaman dalam hubungan. Misalnya, sepakatilah bentuk hubungan Anda saat ini, kepada siapa saja Anda nyaman dan bagaimana Anda akan membicarakan tentang diri dan hubungan Anda dengan orang lain.

2. Time Directed Maintenance (Perawatan berbasis waktu)
Perawatan ini dilakukan secara terjadwal dimana waktu dan komponen yang dilakukan perawatan sudah diketahui. Jadwalkan maintenance dengan pasangan misalnya berlibur bersama setiap 6 bulan sekali ke tempat yang belum pernah didatangi, atau mulai dari kegiatan saling mengapresiasi setiap bulan tentang apa yang baik dan sudah dilakukan oleh pasangan.

3. Condition-based Maintenance  (Perawatan berbasis kondisi)
Perawatan ini dilakukan berdasarkan kondisi tertentu dari suatu komponen untuk mengantisipasi sebuah komponen agar tidak mengalami kerusakan. Dalam hubungan, Anda dan pasangan dapat menemukan cara-cara efektif dan sesegera mungkin dalam menganalisa kondisi hubungan saat ini. Menunda-nunda hanya akan menghasilkan permasalahan yang lebih besar dan sulit diurai di kemudian hari.

4. Failure Finding (Perawatan berbasis kegagalan).
Merupakan kegiatan perawatan pencegahan yang bertujuan untuk mendeteksi kegagalan yang tersembunyi. Kemukakan ketakutan dan keinginan Anda, apa yang terjadi pada hubungan Anda sebelumnya serta apa yang Anda pikirkan akan menjadi hambatan kepada pasangan Anda. Jika gagal dalam satu pendekatan atau penyelesaian masalah, Anda dan pasangan bisa mulai merencanakan alternatif metode dan solusi yang dapat digunakan nantinya.

5. Corrective Maintenance (Perawatan yang bersifat korektif)
Perawatan ini dilakukan untuk mengatasi kegagalan atau kerusakan yang ditemukan untuk mengembalikan kehandalan sebuah komponen ke kondisi semula. Jika terlanjur terjadi kerusakan dalam hubungan romantis Anda dengan pasangan, dan bersepakat untuk memperbaiki hubungan, bukalah kemungkinan untuk melihat akar masalah dengan lebih dalam.

Kunci utama dalam perawatan hubungan ini adalah kejujuran dan kepercayaan baik kepada diri sendiri dan pasangan dengan cara menemukan kelebihan, kekurangan, dan metode baru untuk menyampaikan keinginan. Tujuan perawatan hubungan ini adalah supaya hubungan ke depannya bisa bekerja lebih baik lagi, tentunya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s