Genderbread Person 1.0

Picture1

*Ferena Debineva

Knowing yourself is the beginning of all wisdom. – Aristotle

Sudahkah kamu mengenal si kue jahe diatas? Kue jahe diatas bukan sekedar kue jahe biasa loh. Kue jahe ini akan membantu kita menjelaskan mengenai istilah yang dirasa rumit dengan cara yang menarik, lewat si kue jahe, Genderbread yang diperkenalkan oleh Killermann (2013).

Okay, kita mulai ya. Garus titik titik dan tanda panah menunjukkan lokasi yang berperan dalam identifikasi tersebut. Bentuk garis dan panah menggambarkan bahwa semua hal tersebut bersifat kontinum dan tidak terkategorisasi ke dalam kotak-kotak yang kaku yang merujuk pada variasi yang berbeda-beda dalam setiap diri individu.

Picture4

Jenis kelamin biologis merujuk pada apa yang terlihat dan terukur. Organ seksual (penis, testis, vagina, rahim, atau keduanya (intersex), hormon (estrogen, testosteron), kromosom (XX, XY, XXY, dsb).

Picture2

Identitas gender adalah cara kamu berpikir tentang dirimu dan bagaimana hal tersebut di-interpretasikan oleh dirimu sendiri. Gender queer merujuk pada spektrum antara laki-laki dan perempuan.

Picture3

Ekpresi gender kaitannya dengan seluruh tubuh, bagaimana dirimu menunjukkan peran gender tersebut (dari cara berpakaian, tingkah laku, dan berinteraksi) – baik hal tersebut disengaja atau tidak.

Picture5

Orientasi seksual merujuk pada ketertarikan kepada individu lain secara fisik/seskual, spiritual, dan emosi/psikologis. Heteroseksual merujuk kepada ketertarikan terhadap lawan jenis, homoseksual merujuk kepada ketertarikan terhadap sesama jenis, sementara biseksual merujuk kepada ketertarikan baik terhadap lawan jenis dan sesama jenis. Aseksual adalah individu yang tidak memiliki ketertarikan secara fisik/seksual, spiritual, dan emosi/psikologis terhadap individu lain. Orientasi seksual berbeda dengan perilaku/aktivitas seksual. Misalnya, seorang individu yang berhubungan seksual dengan laki-laki belum tentu homoseksual.

Orientasi seksual tidak didefinisikan dari pasangan yang ia miliki saat ini. Biseksual bukanlah individu yang mempunyai pasangan laki-laki dan perempuan secara bersamaan, seperti halnya jomblo belum tentu aseksual :p

Referensi:

Sam Killermann. (2013). The Social Justice Advocates Handbook: A Guide to Gender.

p.s: You can get the book here by paying with a tweet, or buy it at Amazon–> http://itspronouncedmetrosexual.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s