Webseries Kisah Carlo

KISAH CARLO KOTAK.jpg*Ferena Debineva

Kisah Carlo bercerita mengenai sebuah ruangan di rumah sakit Carolus, yaitu Ruang Carlo, yang merupakan pusat pelayanan dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS.

Kisah ini dibuat untuk kepentingan non-komersil dalam rangka menyebarkan kepedulian, kewaspadaan, serta edukasi terhadap penyakit HIV/AIDS kepada masyarakat melalui media elektronik.

Episode pertamanya yang berjudul Pilot, sudah diluncurkan bertepatan dengan hari AIDS Sedunia, pada tanggal 1 Desember 2015 lalu. Kisah Carlo ini berupaya menggambarkan dinamika kehidupan di orang-orang yang hadir: dokter, perawat, biarawati, konselor, pasien, rekan, dan bahkan keluarga ketika bersinggungan dengan isu HIV/AIDS.

Pemutaran episode 1 dan 2 webseries ini yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Desember 2015 di Ruang F.202 Gedung FISIP UI dihadiri oleh Kyo Hartato sebagai Produser, Andri Cung sebagai Sutradara, dan Putri Ayudya sebagai pemain.

Bermula dari membaca cerita-cerita pasien yang menuliskan kisah hidupnya, Andri Cung mengubahnya menjadi sebuah webseries yang saling berkesinambungan. Alasan Andri Cung memilih menjadikan kumpulan cerita ini menjadi webseries berdurasi 10-20 menit per episode, untuk menjangkau audiens yang lebih besar, rupanya membuahkan hasil. Episode pertama webseries ini ditonton oleh lebih dari 10.000 penonton dalam jangka waktu 1 minggu. Tiap episode berdurasi 10-20 menit dan dirilis setiap dua minggu sekali di Youtube, mulai tanggal 1 Desember 2015.

Kisah Carlo jauh dari kesan menggurui. Pun kisah ini tidak seperti iklan layanan masyarakat yang kerap dibumbui stigma yang berkesan ‘menakut-nakuti.’ Akan tetapi Kisah Carlo mampu mengambarkan banyak sisi kehidupan tokohnya dengan ringan, dinamis, dan begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, namun tidak mengurangi esensi dari edukasi itu sendiri. Webseries yang diperkirakan berakhir pada bulan April ini menjadi salah satu webseries yang patut untuk ditunggu dan disebarluaskan.

Penasaran dengan lanjutan kisahnya? Yuk, nonton kisah Carlo di www.youtube.com/kisahcarlo.

 

***

Presented by Good Sheep Production & Kinekuma Pictures, in Association with Pelayanan Kesehatan Sint. Carolus & Ruang Carlo.

Created by Andri Cung Directed by Andri Cung & Paul Agusta.

Produced by Kyo Hayanto.

Starring:

Jajang C. Noer, Gesatta Stella, Putri Ayudya, Dayu Wijanto, Natalius Chendana, Chicco Kurniawan, Ina Panggabean, William Tjokro, Paul Agusta, Marissa Anita, Iriana Chiu, Emil Kusumo, Rangga Djoned, Violeta Mongi, and Fadlyan Makmun.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s