Arisan 14! Poliseksual

imagesKRNDHF1O.jpg

*C. Niken

Apa Itu Poliseksual?

a person who experiences sexual, romantic, physical, and/or psychological attraction towards multiple (but not necessarily all) genders)”

Poliseksual adalah orientasi seksual di mana individu memiliki ketertarikan baik ketertarikan fisik, seksual, romantis, dan/atau psikologis terhadap lebih dari satu (namun tidak semua) jenis gender.

Poliseksual berbeda dengan Panseksual dan Biseksual. Biseksual,(bi : dua) notabene seringkali diklaim menginisiasi dan mempromosikan adanya kategori biner cisgender, di mana hanya ada dua gender : laki-laki atau perempuan. Miskonsepsi mengenai adanya kategori biner menuduh biseksual menihilkan ekspresi gender yang beragam dan tidak termasuk dalam kategori biner seperti transgender, queer, agender, two-spirit, intersex, dsb.

Dalam diagram di bawah, paling kecil terdapat biseksual di mana ketertarikan hanya sebatas pada laki-laki dan perempuan. Selanjutnya, yang terbesar adalah panseksual dimana semua gender masuk kedalam kotaknya. Terakhir, adalah poliseksual, di mana seseorang menyukai beberapa jenis gender, meski tidak semuanya. (ingat diagram tersebut hanya contoh)

Hubungan antara panseksual, biseksual, dan poliseksual

Mungkin memang masih banyak yang menyamakan poliseksual dengan panseksual, karena pada dasarnya kedua orientasi seksual tersebut memiliki preferensi lebih dari satu gender. Memang mirip, namun tidak sama. Jadi sebenarnya ketiga orientasi seksual tersebut (ditambah dengan biseksual) memiliki hubungan.

Nah, pasti banyak yang bingung. Menganggap bahwa seharusnya panseksual lah yang menempati posisi poliseksual dalam diagram. Konsep tersebut sebenarnya kurang tepat, karena biseksual dan panseksual lah yang menjadi bagian dari poliseksual. Poliseksual adalah ketertarikan kepada lebih dari satu gender (meski tidak semuanya), oleh karena itu biseksual, panseksual, dan poliseksual berada dalam satu payung yang sama. Yang mana biseksual tertarik kepada laki-laki dan perempuan, sedangkan panseksual tertarik kepada semua gender. Yang membedakannya hanyalah awalan bi- (dua), poly- (banyak), dan pan-(semua).

Poliseksual berbeda dari poliamori, meskipun keduanya dapat berjalan bersamaan. Poliseksual dapat tertarik dengan laki-laki, perempuan, interseks, transgender, agender, ataupun genderqueer, meskipun tidak memiliki pasangan saat itu. (ingat, jomblo belum berarti aseksual) untitled.png

Poliseksual dapat dipahami sebagai cara mengidentifikasi diri, meskipun kembali ditilik bahwa seksualitas adalah hal yang cair, beragam, dan kategorisasi serta label dibuat untuk memudahkan pemahaman dan meringankan kerja otak dalam memahami suatu konsep.

Bendera poliseksual berwarna merah muda, hijau, dan biru06af8efe519698e1ffad4bed1e10f24e.jpg

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s