Menjelajah Kelas-Kelas Diskusi Dalam Feminis Festival 2019

Saya sudah mendengar mengenai acara Feminist Festival, tapi belum pernah—dan awalnya tidak ada niatan untuk—menghadiri acara tersebut. Pada pertengahan bulan Oktober, salah satu kawan saya yang sekaligus merupakan anggota JFDG dan panitia Feminist Festival menghubungi saya untuk menjadi salah satu pembicara untuk kelas diskusi mengenai Feminisme di Institusi Pendidikan.

Kelas Diskusi: Feminisme di Institusi Pendidikan

Kelas Feminisme di Institusi Pendidikan diadakan pada hari pertama. Selain saya yang mewakili mahasiswa, ada dua narasumber lain yaitu Wulan Danoekoesoemo dari Lentera yang berbicara dari sudut pandang dosen dan Angie dari Hollaback Jakarta dari sudut pandang guru. Sebenarnya, saya agak menyayangkan pemilihan narasumber untuk kelas tersebut. Kedua narasumber selain saya ternyata bekerja untuk institusi yang sama, yaitu BINUS. Sebagai institusi pendidikan dengan mayoritas siswanya dari kalangan atas, tentu saja ada jarak yang lumayan lebar antara lingkungan pendidikan kedua narasumber tersebut dengan lingkungan pendidikan di mana saya berada. Hal ini menyebabkan eksekusi diskusi tidak berjalan dengan lancar. Kedua pembicara agaknya kurang terkoneksi dengan apa yang mereka bicarakan, dengan melihat jumlah peserta yang hadir masih awam dengan apa itu feminisme. Agaknya hal tersebut dikarenakan lingkungan pendidikan BINUS yang sudah maju dan progresif, tentu saja nilai-nilai feminisme, kesetaraan, dan inklusivitas lebih mudah ditanamkan.

Kelas Diskusi: Sekutu Feminis

Selain kelas Feminisme di Institusi Pendidikan, saya mengikuti beberapa kelas lain yang dibuka oleh Feminist Festival. Salah satu kelas yang saya ikuti adalah kelas Sekutu Feminis bersama Tara Basro, Kokok Dirgantoro, dan Ryan Febrianto. Saya memutuskan untuk mengikuti kelas tersebut karena saya bertanya-tanya mengenai peran Tara Basro di dalam diskusi tersebut. Sekutu dan bagian adalah dua hal yang berbeda makna. Sekutu berada di luar, bukan di dalam. Sehingga memunculkan pertanyaan apakah Tara Basro ini seorang feminis atau hanya merupakan sekutu feminis?

Kelas Diskusi: Identitas Gender

Kelas lain yang saya masuki adalah kelas Identitas Gender dengan Kanzha Vinaa, Stacey Nikolay, dan Noval Auliady. Kelas ini merupakan kelas favorit saya. Selain karena adanya sahabat dan kawan-kawan saya yang menjadi moderator dan pembicara, saya rasa kelas ini termplementasi dengan baik karena berdasarkan pengalaman valid dari para pembicaranya. Vinaa menceritakan mengenai strugglenya sebagai transpuan dari ia kecil, pengalamannya menjadi pekerja seks, hingga kehidupannya sekarang di dunia aktivisme. Stacey menceritakan mengenai pengalamannya menjadi seorang lesbian dan perjalanannya hingga ia berada di titik di mana ibunya menerima dan mendukung orientasi seksualnya, bahkan ibunya ikut hadir di antara para peserta, hingga membuat diskusi lebih mengakar. Pembicara terakhir yaitu Noval berbicara mengenai pengalaman kekerasan yang ia alami karena identitas dan ekspresi gendernya, yang mana pengalamannya juga sebagian besar dialami oleh rekan-rekan LGBT yang hadir pada siang itu.

Femfest tak Melulu untuk dikritik

Secara umum, saya merasa amat senang dan beruntung dapat diundang dan menghadiri Feminist Festival tahun ini. Bukan hanya karena saya dapat belajar mengenai banyak hal, tetapi saya juga dapat bertemu dengan kawan-kawan Sisterhood, dan mendapat banyak kawan baru dari berbagai organisasi yang berbeda. Feminist Festival membuat saya merasa aman dan nyaman menjadi diri sendiri, dan kembali menyalakan semangat untuk terus memperjuangkan kesetaraan.


Penulis: Ummanabiegh Ismail Jalla (Diponegoro Gender and Human Rights Center).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s