1. Apa itu SGRC?

SGRC adalah organisasi non-profit yang didirikan oleh anak muda berusia di bawah 25 tahun yang bergerak pada bidang kajian pemikiran. SGRC mengkaji hal-hal terkait seksualitas seperti kesehatan reproduski, hak seksual, politik pengaturan seksual, akses kesehatan dan pendidikan seksual. Kami menyasar anak muda karena organisasi ini oleh, dari dan untuk anak muda di Indonesia. Tujuan organisasi adalah mengupayakan pemahaman yang lebih menyeluruh mengenai permasalahan gender dan seksualitas.

2. Mengapa SGRC Berdiri?

SGRC berdiri atas kegelisahan beberapa teman-teman yang saat itu masih berstatus mahasiswa di Universitas Indonesia. Kesulitan mendapatkan pendidikan seksual yang mumpuni, banyaknya mitos dan tabu terkait seksualitas, diskriminasi terhadap mahasiswa minoritas seksual dan gender di Universitas dan tempat-tempat publik lainnya mendorong para mahasiswa ini untuk membentuk kelompok pendukung (Support Group). Seiring berjalannya waktu dan peminat SGRC berasal dari berbagai lintas disiplin dan studi, SGRC berkembang menjadi sebuah pusat untuk berdiskusi dan berbagi sumber untuk penelitian terkait seksualitas. Kini SGRC memiliki afiliasi sisterhood yang tersebar di Universitas pulau Jawa dan Bali.

3. Apa Saja Kegiatan SGRC?

Pengetahuan yang diperoleh melalui metode ilmiah menjadi dasar utama dalam seluruh kegiatan SGRC. Tiga kegiatan utama SGRC adalah penelitian, advokasi dan pendidikan publik. Penelitian yang telah dilakukan SGRC dilakukan oleh pengurus dan anggota aktif SGRC. Selain itu SGRC juga memproduksi modul dan esai yang ditulis berdasarkan hasil diskusi Arisan kami. Modul SGRc dipublikasi pada tahun 2015 berjudul Training Modul Preventing Sexual Violence in University. Modul. SGRC Publication.

Pada advokasi SGRC bekerjasama dengan berbagai non-profit organisasi lain level nasional maupun internasional. Pada level nasional SGRC terlibat setiap tahunnya mendukung IDAHOBIT (International Day Anti-Homophobia, Biphobia, Interseks and Trans) yang dirayakan setiap tahunnya SGRC juga terlibat dalam Women’s March pertama tahun 2017 di Jakarta dan kampanye mendukung RUU Perlindungan Kekerasan Seksual yang diajukan oleh Komnas Perempuan. SGRC juga aktif dalam advokasi kasus-kasus diskriminasi dan persekusi yang menyerang kelompok minoritas seksual juga aktif mengawal dan mengkritisi reformasi KUHP 2018. Pada level internasional, SGRC berpartisipasi dalam berbagai konfrensi khususnya dalam menyuarakan hak-hak seksual reproduksi anak muda.

Kegiatan rutin yang dilakukan SGRC adalah Arisan yang dilakukan selama satu bulan sekali. Arisan adalah diskusi bersama di mana anggota aktif SGRC akan dipilih melalui undian Arisan untuk melakukan presentasi terkait topik-topik seksualitas yang ingin diketahui oleh anggota yang lain. Selain Arisan ada pula seminar khusus dan workshop yang dilakukan tentunya terkait topik seksualitas terkini.

3. Bagaimana caranya menghubungi SGRC UI? 

Kami bisa dihubungi melalui email contact@sgrc.org dan kami juga aktif di berbagai media sosial seperti SGRCUI (LINE), @SGRCUI (twitter), SGRCUI (ask.fm), SGRCUI (Intagram) dan Support Group and Resource Center on Sexuality Studies, Indonesia (Facebook).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s